Beranda > Motivasi > Shalat yuk… Jangan Ditinggal (Remaja Muslim, Baca Deh…)

Shalat yuk… Jangan Ditinggal (Remaja Muslim, Baca Deh…)

Sobat muda muslim yang smart, hari ini kita bakal ngobrolin tentang kewajiban sholat lima waktu. Nah buat kalian yang mengaku muslim, pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya shalat lima waktu. Yup, shalat merupakan rukun kedua dari rukun Islam. Kita semua tahu, waktu-waktunya antara lain shalat shubuh di sekitar saat matahari terbit, dzuhur itu ketika matahari mulai turun dari bagian langit yang persis di atas kepala kita (atau kalau kata orang Inggris, pas afternoon), ashar wajib dikerjakan di sore hari, ketika matahari sudah tidak terik lagi, sekira jam 3 sore. Kalau maghrib, sesaat setelah matahari selesai terbenam, sedangkan Isya’ dilakukan ketika mega kemerahan sisa terbenamnya matahari sudah hilang, dan hari mulai memasuki waktu malam.

Mengerjakan shalat adalah perkara yang sangat penting. Seperti yang disebut di atas, shalat adalah satu dari rukun Islam. Namun sayangnya, di zaman sekarang banyak anak muda (mungkin termasuk kita) yang cuek bebek ama shalatnya. Sobat muda muslim, pasti pernah nemuin pas adzan berkumandang, banyak di antara kita yang nongkrong-nongkrong dengan cueknya, dan bahkan asik ngedengerin MP3 dari smartphone atau MP3 player kita. Padahal, kalo kita mau jujur nih, kaki yang kita pake buat nongkrong punya siapa? Kuping yang kita pake buat ngedengerin MP3 tuh kuping punya siapa? Punya kita? Bukan cuy, kaki kita punya Allah, kuping kita punya Allah juga… Kita mah cuma dititipin. Masak iya, titipan kita pake buat ngelawan yang punya, nggak sopan banget kan?
Lebih gilanya lagi, ada sebagian dari kita yang berani-beraninya ninggalin shalat. Geblek dah. Padahal jauh-jauh hari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam udeh ngingetin kita dalam hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir r.a. dan dishahihkan oleh Imam Muslim,
عن جابر ابن عبدالله قال قال رسول الله صلى الله عليه والسلام اِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكَ الصَّلاَةِ
Disini dijelasin bahwa yang ngebedain seseorang (beriman) ama orang musyrik dan kafir adalah shalatnya. Kalo masih negakin shalat, insya Allah masih masuk golongan beriman, kalau kagak sih…(Nggak tega nulisnya saya…)
Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Thabrani, dan Ibnu Hibban, Rasulullah SAW menyebut, “Barangsiapa menjaganya, maka shalat itu – baginya- menjadi cahaya, bukti keterangan dan keselamatan pada hari kiamat. Dan barangsiapa tidak mengindahkannya, ia tidak akan memperoleh cahaya, bukti keterangan dan keselamatan, sedang di hari kiamat ia akan bersama Karun, Fir’aun, Haman, dan Ubai bin Khalaf.” Padahal kita tahu, nama-nama yang disebut tadi adalah orang-orang yang paling besar keingkarannya pada Allah. Hiiii…. Na’udzubillahimindzaalik!
Dosa Meninggalkan Solat Fardhu :
1. Solat Subuh : satu kali meninggalkan akan dimasukkan ke dalam neraka selama 30 tahun yang sama dengan 60.000 tahun di dunia.
2. Solat Zuhur : satu kali meninggalkan dosanya sama dengan membunuh 1.000 orang umat islam.
3. Solat Ashar : satu kali meninggalkan dosanya sama dengan menutup/meruntuhkan ka’bah.
4. Solat Magrib : satu kali meninggalkan dosanya sama dengan berzina dengan orangtua.
5. Solat Isya : satu kali meninggalkan tidak akan di redhai Allah SWT tinggal di bumi atau di bawah langit serta makan dan minum dari nikmatnya.
Adzab di Dunia bagi yang Meninggalkan Shalat Wajib:
1. Allah SWT mengurangi keberkatan umurnya.
2. Allah SWT akan mempersulit rezekinya.
3. Allah SWT akan menghilangkan tanda/cahaya soleh dari raut wajahnya.
4. Orang yang meninggalkan solat tidak mempunyai tempat di dalam islam.
5. Amal kebaikan yang pernah dilakukannya tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT.
6. Allah tidak akan mengabulkan doanya.
3 Siksa Orang yang Meninggalkan Solat Fardhu Ketika Menghadapi Sakratul Maut :
1. Orang yang meninggalkan solat akan menghadapi sakratul maut dalam keadaan hina.
2. Meninggal dalam keadaan yang sangat lapar.
3. Meninggal dalam keadaan yang sangat haus.
3 Siksa Orang yang Meninggalkan Shalat Fardhu di Dalam Kubur :
1. Allah SWT akan menyempitkan kuburannya sesempit sempitnya.
2. Orang yang meninggalkan solat kuburannya akan sangat gelap.
3. Disiksa sampai hari kiamat tiba.
3 Siksa Orang yang Meninggalkan Shalat Fardhu Ketika Bertemu Allah :
1. Orang yang meninggalkan shalat di hari kiamat akan dibelenggu oleh malaikat.
2. Allah SWT tidak akan memandangnya dengan kasih sayang.
3. Allah SWT tidak akan mengampunkan dosa dosanya dan akan di azab sangat pedih di neraka.
“Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Solat fardhu”. (Hadits Riwayat Tabrani, sanad shahih)
Belum lagi kalo kita ngomongin ancaman adzab kubur buat orang yang nyepelein sholatnya. Di bawah ini adalah video tentang seorang anak muda yang mendapatkan adzab kubur, sumber yang kami dapatkan menyebut bahwa pemuda ini di masa hidupnya termasuk orang yang melalaikan shalatnya. (Sori kalau masuk kategori DP alias Disturbing Picture, tapi demi pembelajaran harus dicantum di sini, gan…)

Tak perlu saya gambarkan lagi betapa dahsyatnya…. Na’udzubillahimindzaalik. Semoga tak menimpa kita.
So, bentar lagi adzan nih…. Shalat yuk… [AP/ SmartStudents]

==============================================

Tulisan saya ini juga diterbitkan di blog LPP SmartStudents, lembaga pendidikan dan pelatihan yang bergerak di bidang bimbingan belajar, les privat, dan training motivasi untuk SD, SMP, dan SMA Nasional & Internasional | SMS Center: 08777-1313-984

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: