Beranda > budaya > Jejaring Sosial Alternatif

Jejaring Sosial Alternatif

Siapa tak kenal Facebook? Jejaring sosial fenomenal besutan Mark Zuckerburg ini begitu mendunia, bahkan kisah kelahirannya jadi sebuah film Hollywood, “The Social Network”. Ada 200 juta orang lebih yang menjadi bagian dari “Jamaah Fizbukiyyah” alias pengguna facebook dan semakin banyak tiap harinya. Hampir semua orang punya akun facebook, dengan alasan yang berbeda-beda. Mulai dari silaturahmi dengan kawan lama, mengembangkan bisnis, cari jodoh, hingga berselingkuh!

Kebesaran nama facebook kemudian seakan menutup mata orang dari situs jejaring sosial lainnya, padahal ada banyak yang bisa menjadi alternatif. Ini sebagian di antaranya:

NahnuMuslim

Situs jejaring sosial milik komunitas muslim yang mengklaim dirinya sebagai yang terbesar (jadi inget tagline-nya KasKus… 🙂 )

KayaKiye

Kalau yang ini berbasis masyarakat Jawa, khususnya yang berdialek Banyumasan. (Agak mirip facebook sih, kalau boleh jujur).

KomBes

Situs ini mengklaim dirinya sebagai Indonesian social network, bedanya dengan FB adalah kita tidak perlu login terlebih dahulu untuk melihat menu Home.

Tribe

Jejaring ini berbasis minat yang sama seperti kesehatan, finansial, gaya hidup dan lain-lain.

Ada beberapa nama lain sebenarnya yang bisa disebut seperti Lupacebok.com, Koprol, dll. tapi karena sudah lumayan dikenal tidak saya cantumkan di sini.

Yang perlu diingat, kongkow-kongkow di dunia maya bagaimanapun seperti pedang bermata dua. Mau baik atau buruk tergantung pemakainya, so BE WISE!

Iklan
  1. Muhammad amin
    14 Desember 2010 pukul 2:13 pm

    Manfaatkan jejaring sosial untuk pengembangan diri kearah yang positif.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: