Beranda > Event Organizing > Cara Membuat Publikasi yang Efektif

Cara Membuat Publikasi yang Efektif

Dalam proses event organizing, publikasi boleh dibilang merupakan salah satu pilar acara. Sebab acara tidak akan berhasil jika tak ada peserta yang mengetahui dan mendaftarkan diri ke acara tersebut. Salah satu jenis media yang dipakai dalam proses publikasi tersebut adalah media cetak, entah itu berbentuk standing banner, spanduk, pamflet, leaflet, ataupun iklan di koran/majalah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam  membuat publikasi yang efektif,  antara lain:

  1. Kelengkapan informasi dan gaya bahasa
  2. Lay-Out
  3. Penyebaran media

 

Kelengkapan Informasi dan Gaya Bahasa

Secara sederhana, publikasi harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar (5W+1H) mengenai acara kita:

  • What (Acara apa sih yang kita adakan, bagaimana definisinya?Apa yang saya dapatkan?)
  • Why (Mengapa acara ini penting untuk diikuti?)
  • Who (Siapa yang mengadakan, yang bisa jadi peserta, yang jadi narasumber? Kompetenkah pembicaranya?)
  • When (Tanggal dan pukul berapa acara ini diadakan?)
  • Where (Di mana diadakannya? Pastikan alamat ditulis sejelas mungkin dan mudah dicari!)
  • How (Bagaimana cara mendaftar jadi peserta? Berapa biayanya? Bagaimana cara melakukan pembayaran biaya peserta?)

Lebih jauh, sebuah publikasi harus bisa “berbicara”. Maksud saya dengan “berbicara” adalah, begitu orang membaca publikasi yang kita buat, mereka akan langsung paham mengenai acara kita tanpa harus bertanya secara lisan kepada panitia.  Ini karena publikasi cetak tak disertai presentasi lisan, jadi publikasi cetak itulah yang harus bisa “mempresentasi dan memprospek”. Publikasi cetak juga harus bisa “mengompori” orang untuk mendaftar, juga berpikir, “acara ini bagus sekali, rugi betul jika saya tidak mendaftar!”. Orang harus mendapatkan urgensinya, mengapa acara ini penting dan harus diikuti.

Untuk kata-kata yang digunakan, gunakanlah kata kerja imperatif (V1 kalau dalam Bahasa Inggris) seperti “hadirilah”, “datangilah”, “ikuti”, “pastikan Anda hadir dalam…” . Ini penting, untuk mendapatkan efek mengompori yang tadi saya sebut. Bangunlah juga imej positif bagi peserta yang ikut, misalkan : “Bagi Anda mahasiswa yang cerdas dan kreatif, ikutilah…” Saya yakin Anda jauh lebih jago dalam hal ini.

Lay-Out

Biasanya, orang membaca publikasi (berhuruf Latin) dengan gerak mata zigzag dari kiri atas, ke kanan, turun ke baris kedua kiri dan seterusnya. Maka, susunlah lay out Anda menurut gerak mata itu. Saya sarankan untuk menuliskan urgensi acara, keuntungan dan fasilitas, dan detil acara yang lain sebelum harga. Tuliskan harga terakhir sekali. Secara psikologis, jika Anda menulis urgensi dan keuntungan ikut acara itu sebelum  harga, akan ada perasaan bahwa harga yang dibayar SEPADAN dengan keuntungannya, apalagi jika biaya yang ditulis termasuk besar. Ketika orang membaca publikasi acara, dan yang dicantumkan adalah harga, mereka akan antipati jika harga yang ditulis termasuk besar untuk segmentasi peserta tersebut. (Misal acara untuk mahasiswa dengan biaya > Rp. 1.000.000,- )

Pastikan pula kesan pertama publikasi yang Anda tampilkan mencerminkan acara itu. Jika acaranya informal dan untuk remaja, misalkan, pakailah warna-warna ceria, gambar-gambar vektor atau pola tribal, juga font-font grafiti atau Comic Sans.

Penyebaran Media

Pastikan publikasi Anda dilihat dan dibaca oleh segmen peserta yang Anda incar. Di mana mereka berkumpul, di sanalah Anda memasang/menyebarkan publikasi. Misal, publikasi untuk segmen pengusaha muda pastilah tak tepat jika disebarkan di halaman SD Inpres atau diterbitkan di koran penggila bola.

 

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan publikasi yang efektif, semoga dapat berguna. Silahkan menyalin artikel ini dengan tetap mencantumkan link ke sumber aslinya di https://andrieprasetyo.wordpress.com/2009/11/18/6/

 

Iklan
Kategori:Event Organizing
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: